KEMENBUDPAR LUNCURKAN SABANG INTERNASIONAL REGATTA 2011

KEMENBUDPAR LUNCURKAN SABANG INTERNASIONAL REGATTA 2011

KEMENBUDPAR LUNCURKAN SABANG INTERNASIONAL REGATTA 2011

KEMENBUDPAR LUNCURKAN SABANG INTERNASIONAL REGATTA 2011  - JAKARTA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Rabu (7/9), meluncurkan even Sabang International Regatta (SIR) 2011 di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenbudpar RI, Jakarta. Even ini merupakan lomba yacht (perahu wisata) internasional yang akan berlangsung mulai 13-25 September. Para pelayar itu nantinya akan berlayar mulai dari Phuket (Thailand) menuju Langkawi (Malaysia) dan berakhir di pelabuhan alam Pulau Weh, Kota Sabang.


Penyelenggaraan ini digelar oleh Kemenbudpar bekerjasama dengan Pemprov Aceh, Pemkot Sabang, dan didukung Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) dan Royal Langkawi Yacht Club Malaysia.

Dalam sambutan yang disampaikan Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar, Sapta Nirwandar mengatakan, SIR 2011 digelar untuk menempatkan Aceh dalam destinasi wisata dunia serta mengembalikan citra Sabang sebagai destinasi yang bersih, aman, dan tertib.

“Sasaran SIR 2011 agar Sabang sebagai pusat bahari lebih dikenal ke mancanegara. Even ini akan dijadikan salah satu kalender tetap even internasional,” kata Sapta mewakili Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Sabang yang memiliki pelabuhan alam, telah menjadi pusat bahari di wilayah utara Indonesia bagian barat. Pelabuhan Sabang dinilai cukup diminati wisatawan mancanegara. Hal ini terlihat dari banyaknya kapal pesiar (cruise) internasional yang singgah di pelabuhan itu untuk melihat keindahan taman laut seputar Pulau Weh.

Pembukaan SIR 2011 dilakukan di Phuket pada 13 September nanti, dilanjutkan registrasi ke Langkawi pada 16 September, dan start race pada 17 September dari Langkawi menuju Sabang yang diperkirakan finish pada 19 September.

Para peserta akan disambut dengan pertunjukan kesenian tradisional, pameran foto dan kerajinan serta tour melihat objek wisata bahari di Pulau Weh.

Seorang tokoh muda kelahiran Sabang, Fachrulsyah Mega, memuji acara tersebut sebagai bentuk promosi besar-besaran untuk Sabang. “Saya kira acara ini penting untuk mengantarkan Sabang ke dunia internasional,” kata Fachrul yang hadir pada peluncuran SIR 2011, tadi malam.



************

No comments