KEUKARAH, KUE KHAS ACEH

KEUKARAH, KUE KHAS ACEH

KEUKARAH, KUE KHAS ACEH - 

Keukarah atau karah adalah penganan terbuat dari campuran tempung dan santan berbentuk lembing berukuran satu telapak tangan orang dewasa. Kue ini adalah salah satu jajanan khas Aceh yang mirip dengan serabut atau sarang burung. Rasanya sangat renyah, manis, garing, dan rapuh. Karena bentuknya yang unik, kue ini sering dijadikan oleh-oleh yang bisa dibawa ke mana saja.

Penyajian kue ini sering dijumpai pada pesta pernikahan sebagai hantaran dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Selain itu menjelang hari raya atau acara adat dan Kenduri Aceh,kue ini juga tak pernah absen dalam penyajian kudapan. Penyajian kudapan ini juga dapat ditemui pada acara penyambutan tamu atau sebagai teman minum teh.

Photo by Riska Lover

Alat

Cara Pembuatan

  • Bahan Kue karah
  • 250g tepung beras
  • 500g gula pasir
  • 1L minyak goreng
  • ½ L air

Cara pembuatanya dilakukan melalui dua tahap:
  • Cara membuat tepung
Sebelunya beras direndam 1 malam lalu dicuci bersih higga airnya jernih,lalu ditiriskan..Setelah ditumbuk dengan lesung samapi halus kemudian tepung diayak dan dijemur sampai kering.Lalu tepung kering disaring satu kali lagi dan siap diolah menajdi adonan.
  • Cara membuat Keukarah
Tepung dan gula diaduk rata dan ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan rata dan mengental. Tujuannya agar adonan tersebut dapat turun dari cetakan saat akan digoreng.Setelah dimasukkan ke cetakan, adonan dapat langsung digoreng sambil memutar Keukarah melingkari wajan dengan ketebalan ½ cm. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan, lalu bentuk sesuai selera kita.

Harga

Harga untuk satu bungkus keukarah sebesar Rp.5000 dan jika dijual secara grosir dengan berat 1,5 kg maka harga yang diberikan sebesar Rp.120.000.



-------------

Sumber Foto : Riskalover Blog
Sumber : Wikipedia

No comments