FILM DOKUMENTER GARAMKU TAK ASIN LAGI

FILM DOKUMENTER GARAMKU TAK ASIN LAGI

FILM DOKUMENTER GARAMKU TAK ASIN LAGI - Miris juga melihat trailer dokumenter Garamku Tak Asin lagi di YouTube. Ada kekecewaan terhadap pemerintah ini. Jelas sekali terlihat bagaimana perempuan-perempuan Aceh berjuang mempertahankan produksi garam secara tradisional dan lokal ketika gencarnya garam impor disupplay ke Indonesia.

FILM DOKUMENTER GARAMKU TAK ASIN LAGI
Captured; Dokumenter Garamku tak asin lagi


Ada banyak spekulasi yang muncul mengenai garam impor ini, dominannya adalah pengucilan akan sikap pemerintah yang kurang peka terhadap kondisi rakyat. Sadar atau tidak film dokumenter ini seharusnya menjadi "cambuk" bagi pemerintah yang terkesan lupa bahwa negara kepulauan ini tak seharusnya mengimpor garam.

coba baca postingan yang saya copas dari sebuah blog giewahyudi :

Keprihatinan yang timbul karena impor garam ini kemudian menjadi inspirasi bagi dua pemuda asal Aceh untuk menciptakan sebuah karya film dokumenter. Azhari dan Jamaluddin Phonna menggarap film dokumenter berjudul “Garamku Tak Asin Lagi” yang menjadi salah satu dari lima finalis Eagle Awards Metro TV 2011. Dua pemuda Aceh yang sama-sama sedang menempuh studi di Universitas Muhammadiyah Malang itu berhasil menarik perhatian para juri yang terdiri dari Radhar Panca Dahana, Kioen Moe, Dr. Yudi Latif, Nan Achnas, dan M. Abduh Aziz. Eagle Award Metro TV 2011 yang mengambil tema “Bagimu Indonesia” memang dirasa tepat dengan apa yang diangkat dalam film dokumenter Garamku Tak Asin Lagi. Kedua sineas muda itu ingin menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai potensi alam, khususnya garam, yang tidak kalah dari negara lain.


Dua pemuda asal Aceh ini yakin bahwa Indonesia tidaklah perlu mengimpor garam dari luar negeri bila kita semua mau cinta produk Indonesia dan mau memberdayakan sumber daya alam yang kita miliki. Azhari dan Jamalludin Phonna yang juga pernah memproduksi film dokumenter berjudul Menjemput Ilmu dari Sarang Peluru itu mengharapkan pemerintah untuk memberdayakan hasil negeri sendiri dan berusaha lepas dari ketergantungan dengan barang-barang impor. Kehancuran industri garam domestik dalam beberapa tahun terakhir ini bukan karena kualitas produksi yang rendah tapi lebih karena tidak ada kebijakan pemerintah yang berpihak pada industri garam lokal.

*********
Video Garamku tak asin lagi


======
Sumber :
1. http://giewahyudi.com/garamku-tak-asing-lagi-finalis-eagle-awards-metro-tv-2011/
2. acehdalamsejarah.blogspot.com
3. google images
4. YouTube

No comments