LEUMANG BAMBU KHAS ACEH

LEUMANG BAMBU KHAS ACEH

LEUMANG BAMBU KHAS ACEH - Warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar menjadikan kue lemang bambu sebagai salah satu penganan favorit untuk berbuka pada bulan suci Ramadhan 1432 Hijriyah. "Banyak warga menjadikan lemang bambu sebagai penganan favorit yang dihidangkan di meja makan saat berbuka puasa sehingga permintaannya meningkat selama bulan suci Ramadhan," kata Muhammad salah seorang pedagang Lemang di Banda Aceh.

LEUMANG BAMBU KHAS ACEH
Leumang Bambu; Menu Khas berbuka Puasa

Disebutkannya, permintaan kue yang terbuat dari beras ketan tersebut meningkat sekitar 30 persen di banding hari biasanya yang hanya mampu terjual 10-20 batang bambu/hari. Lemang bambu merupakan salah satu kue yang terbuat dari beras ketan yang dimasukkan ke bambu yang dijual dengan harga Rp15 ribu/batang sampai Rp60 ribu/perbatang. "Harganya sesuai dengan ukuran batang bambu, jika bambunya panjang maka harganya lebih mahal," katanya.

Dijelaskannya, sudah menjadi kebiasaan baginya setiap puasa Ramadhan permintaan lemang bambu mengalami peningkatan. Kue lemang bambu tersebut dapat dijumpai ditempat pedagang penjual penganan berbuka dan juga di kawasan Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.


***Cara membuat Leumang***

1. Bahan-Bahan yang diperlukan
Bambu bilah diameter 4 cm
Salah satu ujungnya beruas 50 cm
Beras ketan putih{ direndam 5 jam, tiriskan }2 liter
Daun pisang untuk alas secukupnya

2. Bumbu
Bawang putih 3 siung
Santan dari 3 butir kelapa 3/4 liter
LEUMANG BAMBU KHAS ACEH
Proses memasak Leumang

3. Cara membuat
* Alasi bilah bambu dengan daun pisang yang telah tersedia, caranya gulung daun pisang, masukkan kedalam bilah bambu dengan penjepit dari bambu. Atur supaya seluruh permukaan bambu tertutup daun dan lebihkan sekitar 5 cm dari lubang permukaan bambu.
* Masukan, ke dalam santan, garam, bawang putih.
* Masukkan ketan kedalam bambu sampai 3/4 penuh seperti membuat lontong, tuangkan santan kedalamnya, sampai 2 ruas jari diatas ketan. Tutup dan rapatkan kelebihan daun pada bagian atas yang terbuka, ikat kuat-kuat tepat diujung bambu.
* Bakar diatas bara api yang cukup besarnya, dengan meletakkan bambu kearah atas agak miring. |Putar sekali-kali agar matangnya merata. Pembakaran lemang selama kira-kira 6 jam.
* Setelah lemang matang, angkat dari api, biarkan sampai agak dingin. Belah bambunya dan keluarkan lemangnya.

Selamat Mencoba !


Sumber : http://mbakevi.blogspot.com

2 comments: