INDRA HELMI, PELANTUN LAGU SALEUM FILM KCB

INDRA HELMI, PELANTUN LAGU SALEUM FILM KCB

INDRA HELMI, PELANTUN LAGU SALEUM FILM KCB
Indra Helmi

INDRA HELMI, PELANTUN LAGU SALEUM FILM KCBFilm Ketika Cinta Bertasbih 1 (pertama) memuat lagu Aceh berjudul Saleum sebagai soundtracknya. Lagu garapan Alm. Mukhlis di Album Nyawoeng itu satu-satunya lagu Aceh yang “laku” di perfilman tanah air. Yang jadi pertanyaan, siapakah pelantun Saleum dalam film KCB?


Indra Helmi. Ya, pria kelahiran Banda Aceh ini menjadi bagian dari kesuksesan film yang disutradai Charul Umam itu.

“Iya, saat itu Indra dihubungi Dedi Kale, seorang aktor pembantu dalam film Ketika Cinta Bertasbih (KCB),” kata Indra saat dijumpai di studio Rekaman Opay, Lampaseh, Banda Aceh, Jumat (19/8).

Dedi Kale menawarinya mengisi soundtrack film yang diangkat dari novel karya Habbiburahman El Shirazy itu dengan judul sama.

Indra menerimanya. Kemudian ia langsung berangkat ke Jakarta. Rekaman di studio milik Anto Hood di kawasan Bintaro. “Anto sendiri dipercayai pihak Sinemart, mengurus musik pengiring KCB,” ceritanya.

Indra sadar, Jakarta tak mungkin kehabisan penyanyi, sehingga ‘palang pintu’ Potret itu memilih Indra melantunkan lagu yang diaransemen sendiri. Indra pun diminta melantunkan tembang Aceh, Saleuem, dari album Nyawoeng pertama.

Dua jam saja menghabiskan waktu untuk rekaman. Bagi Indra, menyanyikan lagu Saleuem tak sulit. Selain sering didengar, ia punya modal suara, yakni menjadi vokalis di kelompok musik Bijeh di Banda Aceh.

Namun Indra mengakui, mengisi suara soundtrack tidaklah gampang. “Di sini ada aral.” Indra harus menjiwai adegan film yang sama sekali belum dilihatnya. Sebab itu, pihak studio memutar cuplikan akhir cerita, karena di ending (akhir) film suara Indra diputar. “Kan dubbing (penyesuaian), jadi harus mengikut gerakan mulut pemain utama,” tutur Indra.

Sebelumnya, alih suara sudah diselesaikan pihak Anto dengan menunjukkan penyanyi jazz ternama asal Aceh, Tompi, untuk melantunkan Saleum. Karena tak sreg dengan hasil, akhirnya, Anto menggantikan dengan Indra. “Mungkin soal penjiwaan. Saya sendiri tak terbayang menyanyi untuk soundtrack film itu (KCB),” kata Indra.

Alhasil, Indra Helmi turut mengharumkan nama Aceh dalam film KCB dengan suaranya.

Profil Indra Helmi

Bernama lengkap Indra Helmi. Ia kelahiran 9 Juli 1981 di Banda Aceh. Dia mantan personil grup band “Bijeh” Banda Aceh, sebuah grup band etnis yang sempat booming di Tanah Rencong.

Namun Bijeh bubar kemudian. Sejak itu, karier Indra sempat vakum. Mencoba bangkit kembali, kini Indra mulai membangun grup band etnis Aceh baru, yaitu “Sagoe Lhe”. Ia dan kawan-kawan sedang mempersiapkan album perdana Sagoe Lhe.

Sejauh ini, mereka sudah menyiapkan tujuh lagu untuk album pertama, diantaranya: Peunemat Naggroe, Haba Indatu, Hana le. Sebagian lagu itu karangan Indra. “Semoga saja album kali ini ada yang mau memproduksikannya,” harapnya.

“Sejauh ini, memang (kita) belum ada produser untuk memback-up kita. Tapi, kita sudah melakukan tahap pembicaraan awal dengan sebuah record besar di Aceh, yaitu Kasga Record,” kata Indra.



*************
Sumber : Harian Aceh

No comments