DANA FESTIVAL RAMPOE CAPAI RP. 900 JUTA

DANA FESTIVAL RAMPOE CAPAI RP. 900 JUTA

DANA FESTIVAL RAMPOE CAPAI RP. 900 JUTA - Banda Aceh – Kegiatan Festival Rampoe Aceh Festival yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh selama empat hari, 17-20 September mendatang di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, diperkirakan akan memakan biaya mencapai Rp900 Juta.

“Anggaran itu bersumber dari APBN, yakni melalui Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Perfileman, Kementian Kebudayaan dan Priwisata Indonesia,” kata Pj Dinas Kebudayaandan Pariwisata provinsi Aceh seaat dihubungi The Atjeh Post, Sabtu (21/8).

Kata Rasyidah, festival akan dilaksanakan oleh Famous Organize, sebuah EO pemenang tender melalui Lelang menggunakan sistem tender elektronik, yakni Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), yang bisa di akses di http://lpse.bandaacehkota.go.id/eproc/app, sebuah situs Pemerintah kota Banda Aceh.

“Kita menggunakan LPSE Kota Banda Aceh, karena sisten LPSE Provinsi belum bisa digunakan, LPSE Provinsi hanya baru bisa mengeluarkan pengumuman saja,” tambah Lela, Panitia Tender Rampoe Aceh Festival, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Menurut Rasyidah, anggaran ini untuk menanggung seluruh biaya pementasan peserta yang diperkirakan mencapai 874 orang, karena Setiap daerah diminta diwakili 3 grup maksimal dengan 38 anggota. “Untuk akomodasi, Konsumsi, dan transportasi akan ditanggung oleh penyelenggara,” kata Rasyidah.

Menurutnya, anggaran akan digunakan untukproduksi dan kebutuhan lainnya seperti tempat festival itu digelar dan persiapan opening festival. “Kita akan membuat tiga panggung besar yang akan dimankan 3 panggung sekaligus dalam satu malam,” tambah Rasyidah.

Di dalam Rapoe Aceh Festival, Tiga wilayah di Aceh akan kita satukan didalam Rampoe Aceh Festival ini. Kegiatan ini juga kita laksanakan dalam rangka menyambut hari Kesenian Aceh, yang jatuh pada tanggal 22 Agustus, dan untuk mendukung kegiatan Visit Banda Aceh serta menyambut Visit Aceh Years pada 2013 mendatang.

Rampoe Aceh Festival memperlombakan 3 tarian tradisional Aceh yang berasal dari 3 kabupaten berbeda, yakni Gayo, Pantai Barat, dan Aceh bagian timur.

Untuk Juara I Rampoe Aceh Festival akan mendapatkan hadiah sebesar 10 Juta, Juara II 7 Juta, dan untuk juara 3 mendapat hadiah 5 Juta.

“Festival ini digelar agar tari tradisi Aceh, tidak hanya dimainkan dari daerah asalnya saja, akan tetapi bisa dimainkan oleh masyarakat aceh di belahan daerah lainnya, seperti halnya Saman Gayo, yang saat ini dimainkan didaerah dataran tinggi gayo (pegunungan) Aceh.” kata Rasyidah.



*****************

2 comments: