MUSIK AIR KETIBONG RAMAIKAN INILAH GAYO

MUSIK AIR KETIBONG RAMAIKAN INILAH GAYO


MUSIK AIR KETIBONG RAMAIKAN INILAH GAYO - Seniman Gayo Rahmadsyah memainkan musik Ketibong pada perhelatan Inilah Gayo II di Lapangan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, minggu (11/9). Musik Ketibong yang dimainkan adalah bunya air sungai laut tawar yang dipukul-pukul dengan irama. Uniknya, musik ketib0ng ini diiringi musik tradisional Gayo teganing.

Saat dihubungi The Atjeh Post, seniman Uan Daudy dari pentas menggambarkan musik ini sebagai gambaran alam di gayo yang kritis pada berbagai obyek musik.

"Ketibung mengeluarkan musik yang senada dengan alat musik yang dimainkan di darat," kata Uan. Ketibung memang dimainkian langsung di dalam Sungai Peusangan, danau Laut tawar.

Sampai berita ini diturunkan, FikarW Eda sedang membacakan puisi bersama musik Ketibung. sementara sebelumnya, Devi Sanggar matahari melantumkan sebuah lagu diiring musik Teganing. Tapil pada Inilah Gayo II antara lain Musik Zombieetnica, Uan SABA, Devi, dan penampilan penyair Gayo.


************
Sumber : atjehpost.com

No comments