WALHI ACEH

WALHI ACEH

WALHI ACEH
Walhi Aceh 

WALHI ACEH - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) adalah forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Kelompok Pencinta Alam (KPA) yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup. WALHI didirikan pada tanggal 15 Oktober 1980 dan bertujuan untuk mendorong terciptanya proses pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan tanpa mengurangi sumber daya alam. Anggota WALHI tersebar diseluruh propinsi di Indonesia yang tergabung dalam forum daerah (Forda) dan mengadakan Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) setiap 3 tahun sekali.

WALHI-Aceh adalah salah satu forum atau jaringan NGO (Non Government Organization) atau organisasi non pemerintah (ornop) yang perduli terhadap persoalan lingkungan hidup, Hak Asasi Manusia dan tegaknya Demokrasi.
WALHI Aceh berdiri pada bulan Februari 1993, atas prakarsa 17 Ornop Lingkungan yang ada di Aceh, sebagai tindak lanjut prinsip desentralisasi dari keorganisasian WALHI yang tercetus dalam PNLH V pada Oktober 1992 di Sudiang, Ujung Pandang.
Sebelumnya, WALHI Aceh adalah bagian dari lintas regional dari forum Sumatera. Saat ini jumlah anggota WALHI sebanyak 36 Ornop yang tersebar di seluruh wilayah Aceh dan sebagian besar berada di Banda Aceh.



Peran WALHI


1.Sebagai wahana bersama organisasi non pemerintah di Aceh dalam mendorong semua pihak untuk mendasarkan orientasi gerakannya pada nilai-nilai keadilan, demokrasi, persamaan, kesetaraan, ekosistem yang utuh, serta pertumbuhan pribadi dan sosial.

2.Sebagai wahana bersama organisasi non pemerintah di Aceh dalam memainkan peran yang lebih optimal untuk mendorong transformasi sosial bagi upaya pelestarian lingkungan hidup dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dalam tatatan kehidupan yang adil, demokratis, dan setara.

3.Sebagai wahana bersama untuk komunikasi dan informasi baik sesama organisasi non pemerintah di Aceh, maupun dengan masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.



****************
Sumber : Walhiaceh.org

No comments