GADIS KECIL GAYO TULIS LIMA NOVEL

GADIS KECIL GAYO TULIS LIMA NOVEL

GADIS KECIL GAYO TULIS LIMA NOVEL
Nabila Ulamy Alya'

GADIS KECIL GAYO TULIS LIMA NOVEL - BANDA ACEH - Kecil-kecil Punya Karya, itulah yang tertera di atas sampul buku 'The Happy Party' bersampul biru dengan sedikit polesan hijau diatasnya. Buku yang beredar luas di seluruh Indonesia ini, rupanya ditulis oleh anak yang masih berusia 11 tahun, putri kecil asal tanah Gayo.


Penulisnya bernama Amy. Lengkapnya Nabila Ulamy Alya’. Saat ini ia tercatat sebagai penulis termuda di Aceh dan satu-satunya penulis cilik pertama dari Aceh yang bukunya diterbitkan Mizan Bandung.

The Happy Party, merupakan novel pertama karya Nabila, dan tidak hanya itu, Mizan juga akan menerbitkan karya Amy berikutnya pada semester pertama 2012 berjudul I Can Fly. Eit, tidak segitu aja, Amy rupanya sangat produktif menulis, masih ada tiga novel lainnya yang lagi di evaluasi oleh penerbit Mizan.

Hebat, putri pasangan Ali Abubakar (Dosen IAIN Ar-Raniry Banda Aceh) dan Ihda Mulyani (Badan Penanggulangan Bencana Aceh) rupanya tidak bisa kalau tidak menulis. Selain 3 novelnya yang sedang di evaluasi Mizan, masih tersedia 2 novel lagi yang juga dalam proses penerbit lainnya, Lingkar Pena Publishing House (LPPH) Jakarta.

Saat dihubungi The Atjeh Post, Amy bilang, semua novel karyanya sudah dia tulis sejak menjadi santri Kelas 1 Pesantren Tgk. Chik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, dan dia teruskan tatkala duduk di kelas lima dan enam Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Ishlah, Banda Aceh. Kini dia kelas MTsN Tgk. Chik Oemar Diyan

"Dua novel lain sedang dievaluasi diLingkar Pena," kata Amy.

Anehnya, putri kelahiran Takengon, 10 November 1999, bukanlah seperti penulis biasanya, dia hanya suka menulis dan menuils saja, tidak suka ikut perlombaan menulis. Kata ayahnya, Ali Abubakar, Amy baru sekali ikut lomba menulis, yakni "Lomba Menulis Surat Kepada Gubernur", tapi Amy kalah.

"Dia tidak kecewa dan terus saja menulis," ujar ayah Amy.

selepas lebaran Amy pun akan melounching buku ''The Happy Party' bersama Forum Lingkar Pena Aceh, Banda Aceh.

Namun pertanyaan Atjeh Post soal kebiasaan lain Amy selain menulis, Gadis kecil ini berucap singkat,"Ya belajar dan menulis," katanya. Itu saja, tampaknya Amy memang ingin sendiri, karena menulis sendirian juga bukan hal salah, persis tema buku 'Kecil-Kecil Punya Karya" The Happy Party.



***********
Sumber : Atjehpost.com

No comments